BETA READER


BETA-READER

Sebelum ke pokok pembahasan, apa sih beta reader itu?

Sebelum adanya beta Reader, maka ada Alpha Reader yang merupakan pembaca utama atau penulis itu sendiri.

Menurut Wikipedia, Beta reader atau bisa juga disebut pre-reader adalah orang yang membaca karya tulis, dengan maksud melihat dari sebuah tulisan untuk menemukan dan memperbaiki elemen seperti tata bahasa atau ejaan, serta saran untuk meningkatkan cerita, dan karakter tanpa mengubah isi cerita.

Beta Reader biasanya berfungsi secara keseluruhan yaitu melihat kesalahan/memperbaiki dari sudut EYD, typo/kesalahan ketik, paragraf, tata ketik, kosakata dan lainnya. Dan elemen yang disorot mencakup lubang plot, masalah dengan kontinuitas, karakterisasi atau kepercayaan, dalam fiksi dan non-fiksi, beta juga dapat membantu penulis dengan fakta.

Nah, sehubungan dengan perubahannya system publikasi FF di blog tercinta ini. Kami membutuhkan bantuan beta-reader, yang mampu melakukan seperti apa yang sudah dijelaskan barusan ^^. Monggo, yang merasa bisa dan ingin membantu, kami tunggu partisipasinya.

Kalau di SF3SI sendiri, kerjanya beta reader itu apa?

Berdasarkan rencana sih, beta-reader kami ini akan menyunting karya penulis lepas, hero, dan MA. Banyak dong tugasnya? Lumayan, karena itu kami mencari minimal 3 beta-reader. Supaya pembagian kerjanya lebih ringan. Kami sudah membuat system kerjanya kok, jadi gak perlu takut.

Kami juga berencana membuat page request. Sehingga kalian yang merasa ingin punya perubahan dalam FF kalian, ingin tahu kekurangan dan kelebihannya di mana, bisa terpenuhi keinginannya. Jadi, kami berharap bisa mendapatkan minimal tiga beta-reader untuk menjalankan system baru ini.

Persayaratn:

  1. Memiliki banyak waktu luang

Kamu butuh waktu untuk membaca, meninjau, dan memperbaiki cerita yang diberikan. Jadi, kalian harus rela mendedikasikan waktu kalian untuk FF dan SF3SI.

  1. Dapat memenuhi tenggat waktu yang diberikan.

Karena kita juga harus publish FF tepat waktu, maka kamu dituntut untuk bisa bekerja cepat demi kelancaran bersama.

  1. Menghormati Alpha reader.

Pada dasarnya seorang beta reader bertugas meningkatkan penulisan dan pekerjaan mereka, bukan untuk mengkritik tajam apalagi menghina tulisan orang lain. Dapat menawarkan ide namun tidak mengubah ide dari FF itu sendiri.

  1. Keterampilan bahasa yang baik dan benar.

Penulisan bahasa yang baik dan benar itu seperti apa sih? Nah, kalian harus tahu bahasa apa yang digunakan di saat ini atau itu. Atau bagaimana susunan kata atau kalimat yang sesuai dengan penggunaan EYD yang baik, serta mengerti cara menulis yang baik.

  1. Sering membaca dan menulis.

Harus satu paket loh ini. Kalau kalian sekedar suka nulis tapi suka males baca, akan berat nantinya. Karena biasanya yang suka baca lebih cepet point out kesalahan dalam penulisan, atau kalimat yang tidak rampung dalam suatu paragraph. Biasa menulis juga berpengaruh, karena orang yang sering baca belum tentu bisa menulis dengan baik dan benar. Iya kan?

  1. Objektif.

Di sini, kita berusaha menyeleksi karya yang masuk, tanpa mengutamakan soal selera. Kebanyakan orang membaca sesuatu yang sejalan atau sesuai dengan selera mereka. Nah, beta reader harus bisa bersikap secara objektif atau tidak memihak.

  1. Senang

Semua kegiatan harus di dasari rasa suka dan senang. Ya kan? Kenapa? Agar lebih berkembang dan bertahan lama. Percaya deh, sekedar mau dan bisa gak akan lebih maju dari yang mau dan senang menjalani pekerjaan tersebut.

Sistem kerjanya gimana? Kalau gak sesuai sama perkiraanku gimana? Maksudnya, menyita waktu lebih banyak dari yang aku kira gitu?

Kan sebelumnya udah dibilang, kalian harus siap menerima konsekuensi menjabat di sini ^^. Setiap orang punya hak dan kewajiban, kami para petinggi SF3SI masih tahu dirilah untuk tidak membuat kalian kehabisan waktu di dunia nyata kalian hanya demi pekerjaan tanpa gaji di dunia maya.

Kalian nanti berhak protes kok kalau merasa peraturan kerjanya melampaui batas atau apa, pasti kami beri keringanan. Jadi gak usah takut ^^. Sudah siap? Langsung aja kirim form di bawah ini

Ingat ya, berupa attachment atau lampiran dari file Microsoft Office kalian. Dan nama file nya [Username]_[Beta Reader]

Form:

1. Nama Asli:

2. Username:

3. No.hp:

4. Tanggal & Tahun Lahir + Domisili:

5. Pendidikan Terakhir:

6. Instant Messaging: [Email/Line/Whatsapp/Skype]

7. Socmed: [FB/Twitter/Path/Insta]

8. Portofolio: [Alamat blog / url ff]

9. Waktu OL Perminggu:

Hari Bebas:

10. Sumber Koneksi Internet: [Nirkabel, modem, Wifi (rumah, kantor, hotspot), Warnet, etc etc]

11. Mendaftar Sebagai: Beta reader

12. Alasan ingin bergabung:

13. Tergabung dalam blog/forum FF lain:

            Jika Ya, sebagai:

14. Keunggulan:

            [Pilih 1:

  1. Mengkritik atau mengoreksi dan memberi saran, seputar kualitas cerita.
  2. Mengoreksi dan memperbaiki penulisan, dan penggunaan EYD dalam cerita.
  3. Mengkritik, mengoreksi, dan memberi saran, seputar kualitas cerita juga dari segi tata cara penulisan yang baik dan benar.]

15. Jaminan Masa Aktif: [Minimal 5 Bulan]

Terus itu portofolio-nya di isi dengan apa ya?

Karena kita di sini membahas soal beta-reader, untuk portofolio kalian bisa kasih alamat blog kalian. Atau FF kalian, yang sudah pernah di publish di blog pribadi/public maupun yang belum pernah kalian publish. Untuk FF yang sudah pernah di publish, tolong berikan url-nya ya ^^.

Kalau belum pernah tulis FF bagaimana?

Heeemm gimana ya… gak apa-apa deh, masih aku toleransi. Soalnya juga nanti untuk ngeliat kemampuan kerja kalian, aku bakalan ngirim kira-kira 5 judul untuk kemudian kamu edit.

Santai aja, gak perlu terlalu kaku kalau di SF3SI kekeke~

Jangan lupa ya, kirim ke fanfictionshinee(at)yahoo(dot)com

Subject email: [Username]_[BetaReader]_[Kemampuan]

Contoh:

Ms.Word file name LanaCarter_Beta Reader

Di kirim ke fanfictionshinee(at)yahoo(dot)com

Subject: LanaCarter_BetaReader_3

Kalau merasa ada yang kurang jelas bisa kalian tanya melalui kotak komen, atau twitter juga boleh ^^

Ditunggu partisipasinya, terima kasih.

Tertanda,

Hero

//

16 thoughts on “BETA READER

        1. iya iya

          Hari bebas tuh semacem hari dimana kamu bisa online tanpa gangguan sama sekali. Maksudnya kayak kuliah, mendadak di suruh rapat, semacem itu. Biasanya sih hari minggu. Tapi anak kuliahan kadang kan ada hari ksong tuh. Semacem itu

Give Me Oxygen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s