TENGGARING – EPILOG

TENGGARING – EPILOG

Author             : yen

Main Cast        : Ara, SHINee

Support Cast    : Ayah Ara, Bunda Ara, April, Galang, Yoora, dll

Length : Sequel – Epilog

Rating              : General

Genre              : Friendship, Romance

Inspired           : Bioskop Indonesia TransTV : Aku Cinta Dia ( tayang 15 Februari 2011) dan  semua novel Tere-Liye

Peringatan      : Bagi yang sudah merasa cukup puas dengan ending FF  TENGGARING di Part 9, maka abaikan saja Epilog ini!

Waktu melesat dengan cepat, hampir 5 tahun dari saat perjalanan ke Tanjung Puting. Hanya perubahan yang tidak pernah berubah. Oh tidak… jangan banyak berharap, berharap banyak pada Ara. Aku tetap seperti dulu, malas memakai rok, suka memanjat. Bedanya, alih-alih memanjat pohon, sekarang aku lebih suka memanjat, eh, mendaki gunung.

Saat ini aku sedang berada di Incheon International Airport. Bukan, aku tidak kuliah di Seoul seperti hampir semua teman seangkatanku di SMA. Aku tetap menunaikan obsesiku untuk menyelesaikan kuliah di Yogyakarta.

Penerbangan langsung 7 jam SoekarnoHatta-Incheon membuatku jetlag, menggeliat pegal, menelan ludah beberapa kali untuk menyeimbangkan tekanan udara dalam rongga telingaku. Tapi semua kelelahan itu menguap begitu saja saat aku melihat rombongan penjemputku, Kak Jonghyun, Kak Minho, Key, Taemin dan Kak Jinki. Luar biasa!

Jinki?

Ya, Kak Jinki. Kalian heran kenapa dia ada disini? Ayolah! Jangan bilang kalau kalian mengira dia sudah meninggal, keterlaluan sekali. Tidak semuanya harus ku ceritakan pada kalian kan?

Baiklah, baiklah kalau kalian memaksa ingin tahu.

Aku memang tidak pernah lagi bertemu Kakak hantu menara air itu. Bagaimana mungkin bisa bertemu, kalau pagi hari setelah kami pulang dari Tanjung Puting, Taemin menelpon.

“Jinki hyung sadar!” Suara Taemin terdengar begitu gembira.

Sebulan setelahnya, Kak Jinki telah berdiri di depan pintu rumahku. Tidak, tentu tidak membawa setangkai mawar. Alih-alih membawa bunga, dia justru menyeret travel bag besar dibelakangnya. Ya, Kak Jinki memaksa untuk menyelesaikan SMA-nya di tengah ladang kelapa sawit, sekelas dengan Kak Jonghyun. Tinggal di kamar sebelah hingga hari kelulusannya. Kak Jinki mengucapkan pidato kelulusan yang luar biasa saat dia lulus dengan nilai terbaik.

Ayolah, ini bukan K-drama, J-dorama apalagi mega sinetron Indonesia. Kak Jinki sempurna lupa tentang aku, menara air, pohon tenggaring, balkon kamar, apalagi klotok di Sungai Sekonyer. Dia tidak ingat perihal yang terjadi saat dia berupa hantu, tapi dia ingat segala hal yang terjadi sebelum kecelakaan. Adil bukan? Dan sangat sederhana.

Aku menjadi adik yang baik, belajar cara belajar yang efisien dan efektif dari Kak Jinki. Bedanya bukan lagi sambil duduk menjuntai di menara air, tapi di kamar. Bukan kamarku, Kak Jinki tidak pernah ku ijinkan masuk kekamarku. Jengah mengingat kejadian saat dia -masih berupa hantu- tiba-tiba menembus dinding kamarku.

Baiklah. Cukup kilas baliknya. Kita kembali ke masa sekarang, di bandara Incheon.

Para penjemputku itu tersenyum lebar, melambaikan tangan kearahku, kecuali satu orang. Dia berdiri cuek dengan kedua tangan diselipkan dalam saku celana jeans-nya. Cool. Tapi, justru dialah yang sukses membuatku memperlebar langkah, bergegas menghambur dalam pelukannya.

Yap, dia. Orang yang akhirnya berhasil membuatku memutuskan untuk meninggalkan negeri tercinta, Indonesia. Cinta pertama, dan juga… suamiku. Yah, suami. Kami menikah 1 bulan yang lalu. Dia pulang lebih dulu ke Seoul untuk mempersiapkan segalanya, khusus untukku….

Dan setelah apa yang dia lakukan itu, bagaimana mungkin aku tidak mau pindah ke sini? Lagipula, sebagai istri yang baik, aku harus ikut kemana suamiku pergi. Iya kan? Hehehe….

Jinki?

Bukan. Ayolah, aku kan sudah bilang ini bukan K-drama, J-dorama apalagi mega sinetron Indonesia. Sampai sekarang dia tetap tidak ingat siapa Ara, selamanya dia tidak akan ingat.

Minho?

Bukan, jawabannya masih bukan. Aku tidak mungkin menikah dengan sahabat terbaikku yang sekaligus juga pacar sahabatku. Ya, Kak Minho baru saja jadian dengan Kak April, tiga bulan yang lalu kalau tidak salah ingat.

Jonghyun?

Hahaha… sepertinya kalian akan menyebut nama mereka satu persatu. Setelah ini pasti Key, kemudian Taemin. Tentu Taemin terakhir karena menurut kalian, dia yang paling tidak mungkin. Wah… padahal Taemin luar biasa lho. Dia sekarang sudah tumbuh menjadi sangat tampan, keren dan tinggi. Berbeda dari saat dia menginap di rumahku dulu.

Jadi Taemin ya?

Hahaha… jawabannya masih bukan. Baiklah, aku jawab saja.

Key!

Ya, orang yang sedang ku peluk saat ini memang Key. Suamiku.

Bagaimana mungkin?

Tentu saja mungkin. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.

Oh, tidak. Untuk yang satu ini aku tidak akan menceritakannya pada kalian. Tidak semua hal harus aku bagi pada kalian kan?

Tapi baiklah, seperti kalian penasaran sekali. Sedikit saja.

Sejak kelas XII, hubunganku dan Key memang berkembang aneh sekali. Sangat aneh, aku saja heran sendiri setiap mengingatnya. Puncaknya, saat hari kelulusan. Setelah menyelesaikan pidato kelulusannya, Key menarik tanganku. Yap, Key lulusan terbaik angkatan kami, dan pidatonya jauh lebih keren dari pada pidato Kak Jinki tahun lalu karena aku dan Kak Minho dengan rela mau repot-repot membantunya menyusun pidato itu.

Maaf melantur.

Key menarikku ke bawah pohon tenggaring di dekat menara air. Dan dia mengatakan, “Saranghae…. Jeongmal Saranghaeyo.”

Waktu itu aku tidak paham apa artinya, ku pikir dia sedang membicarakan sarang hewan apalah. Aku kan tidak paham bahasa Korea. Sejak itu, Key secara tidak langsung mulai memberikan jawaban atas pertanyaanku waktu itu. Pertanyaan yang muncul saat aku duduk disebelahnya -di atas bis- dalam perjalanan pulang dari Tanjung Puting. Pertanyaan yang tersangkut ditenggorokanku. Kalian masih ingat?

Kenapa akhirnya aku menikah dengan Key? Tentu saja karena Key yang sekarang, bukan lagi Key dengan rambut sepertiga botaknya yang aneh.

Apalagi? Kalian tidak puas? Ya sudah. Aku tidak akan bercerita lebih. Cukup. Biarkan cerita yang penuh senyum, gelak tawa canda, darah, keringat dan air mata itu tetap menjadi cerita kami bertiga, aku, Key dan Kak Minho. Tentu saja Kak Minho tahu segalanya, mengerti setiap detailnya. Tapi percuma saja kalau kalian berencana bertanya padanya -sama sepertiku- Key dan Kak Minho juga sepakat, bahwa cerita ini adalah milik kami.

Hanya milik kami.

FIN

Catatan Penulis :

Maaf kalau ending yang ini justru lebih aneh dan mengecewakan dari ending yang sebelumnya. Kalau kalian tidak suka versi yang ini, maka abaikan saja. Anggap epilog ini tidak pernah ada. Terima kasih.

©2010 SF3SI, Freelance Author.

This post/FF has written by SF3SI Author, and has claim by our signature

This FF/post has claim to be ours. Please keep read our blog, comment, vote and support us ^.^

Don’t forget to :

  • Open FAQ page for ask something.
  • Open GUESTBOOK for new reader
  • Open Join Us page to know how to send your FF
  • Vote us please, our rating going down on SHINee toplist, so please vote us ^.^
  • For new reader, please join page Talk Talk Talk
  • Open page LIBRARY if you miss some FF
Advertisements

41 thoughts on “TENGGARING – EPILOG”

  1. Haa~ Udah saya tunggu-tunggu ini epilognyaaa~
    Bagus bagus! Suka!
    Sudah kuduga akhirnya Ara sama Key juga wehehehehe, sampai menikah lagi!
    Tapi sayang banget Jinki enggak ingat tentang memori dia sebagai ‘hantu’ itu.

    Suka sukaa!
    Ditunggu karya selanjutnya yaaa 😉

    1. Haa~ Percaya ga percaya, aku jg dah nunggu-nunggu nih epilog, hehehe…
      Makasih Mya…

      Aku juga nunggu karya selanjutnya, eh, maksudnya nunggu inspirasi buat bikin FF lagi.

  2. yenni ini kembarannya tere-liye? tulisan kamu keren banget, yen. sastra ringan sedap dibaca *ngaco bahasa kamu,eciiii~*
    you know how to puzzle readers.
    keep writing, yen^^

    1. Kyaa… ada Eci!

      Kembaran Bang Darwis?? Hiks, hiks, hiks… Aku belum setua itu kali Ci…
      Hehehe… becanda kok, aku ngerti maksud Eci.
      Tetep aja, aku masih jauhlah dari Bang Darwis. Jauh jg dari ‘sastra’.
      Bukannya sengaja bikin FF ringan, tapi emang kemampuan aku baru sampe segitu.
      Blum bisa mbangun konflik yang tegang mendebarkan *bahasa aku ikutan ngaco*
      Tengkyu Eciiii…

    1. Hehehe… yeah, finally!
      Yap, Key itu Ryu (walopun pas nulis yg aku bayangin justru Ji Yong. Dan itulah kenapa namanya jd Ryu. Ryu=Yong).
      Kau puas Storm, aku yg pusing. Gara-gara dah terlanjur bikin epilog, aku harus tahan-tahan imajinasi waktu nulis bagian tengahnya, biar nggak menyimpang jauh dari epilog ini.

      Eh, lupa, titip salam manis buat Sky ya #dipelototin Storm

  3. wahh ternyata jinki sadar aku kira akhirnya jinki meninggal-_-
    haha ternyata akhirnya Ara nikah sama Key

  4. Kirain matiiiiiiiiiiiii -_- ternyata hidup yah eh malah lupa ckck suka bgt ceritanya hhi puas kok akhirnya happy ending dan emg kayanya ara cocok sm key 😀 ditunggu FF selanjutnya authoooor 🙂

    1. Berarti Nuri lebih suka versi ini ya? Makasih Nuri…
      Iya nih, ku bikin happy ending *takut ditimpukin readers klo bikin sad ending, hehehe….

  5. Horeee..!!! Jinki bangun lagi =D ,boro-boro waktu itu aku udah sedih2 an..
    yaaaah.. kok Jinki ga inget apa-apa?? Tapi dia inget reader yg satu ini kan?? hehe

    Hmm..aku suka ko epilognya. Serasa simple gitu..
    ga berbelit belit dan serasa menyenangkan.. ^^

    1. Kan aku dah bilang, jgn sedih… hehehe…
      Nggak dong, Jinki ga bakal lupa sama Onit. Dia tadi titip salam buat Onit, salam manis katanya #imajinasi author berlebihan

      Makasih Onit…

  6. author!! sumpah membuat aku geregetan !! kayaknya author !! minta di ancem ya??!! pake apa ?? cabe? tomat? bawang putih? bawang merah? terasi??
    *masak sambel?!!*
    ya !! author jahat !! buat aku penasaran !!!
    ya!ya!ya!! itu key ku!! itu suami ku!! kenapa ngak sama jinki atau taemin sih!!#plak!!
    huuuu ngak rela !! apa lagi author ngak nyeritain kronologisnya !!!
    huwaaaa bener2 minta di klepek2 sma minho!! (?)
    aku ngak mau tau !! aku harus tau rahasia di balik cerita kalian !!
    alurnya aku suka .. bener2 berbaur sama readeers !!
    huwaaa !!
    aku tetep nunggu ceritanya !! *ngacem*
    *eh suer ngak rela! padhl kan suka sma jinki? kenapa nikah ma key?*
    harusnya aku !!!! *buang ella ke sungai han*
    bener loh author!! aku tunggu ceritannya !

    1. Ella!! Jangan bikin aku jd sambel dong!! Ella jahat!!
      Upss… Key suami-nya Ella ya? Maaf, aku kan ga tau. Ella sih, waktu nikah ga ngundang aku #cemberut

      Mau mbaca kronologisnya? Ada kok, tapi blum selesai sih, baru dikit, masih di tengah jalan (nunggu inspirasi). Tapi… berhubung bentuknya bukan FF, jd ga ku kirim ke sini.
      Maen ketempatku aja, ada di sana, khusus buat Ella #rayuan maut ala Ara.
      Soal kenapa Ara ga sama Jinki… soalnya Jinkinya ga suka sama Ara. Hiks, hiks, hiks… #patah hati.

      Tengkyu Ella…

    1. hufff (ikut-ikutan menghembuskan nafas) lega! ga bikin keytetem kecewa. Upss… aku panggil pake username gapapa kan keytetem?Males buka GB nih #PLAK
      Makasih…

  7. Admin…!!
    Thank you, thank you, thank you, you’re far too kind… (Linkin Park mode : on)
    Akhirnya naik tayang juga… leganya… lunas deh utang janji aku.
    Makasih banyak ya admin (siapapun kau). Maaf dah ngerecokin, cerewet, bawel nanya2 mulu. Maaf juga dah bikin bingung (soal jadi ato enggak-nya epilog ini dipublish).
    Domo arigatou… #deep bow

  8. yeay #triak2 pke toa# akhirnya, epiloge ny kluar jga, fiuh~
    mian bru comen #yeni: emng gue peduli# bru ol lg nh.
    yen #sok kenal bnget# kau bkin aku puas bca ni ff, tpi mnta crta prjalanan gmana ara am key *ngancem*
    iya nh ku kra jinki itu mate, gntung sh end ny. Tpi syukur jinki itu msh hidup, wlau sdih jga gk inget ma ara n pas lgi jdi hantu itu T~T
    Comen pa lgi yh, pkoknya d tnggu next ffnya, klo bsa yg bag Ara ma Keynyah.

    mian klo komen gaje

    1. Eh, tentu aku peduli dong… apalagi klo komennya dari Amellia… #busyet dah yen, gombal parah loe malem ini!
      FF ttg Ara dan Key ya? Agak ribet sih, soalnya, Ara kan org Indonesia.
      Cerita perjalanan Ara ama Key? Ada sih ditempatku, tapi cast-nya ganti, bukan Key (cuma ganti nama kok). Gimana? Mau? Maen gih, aku tunggu.
      Makasih Amel…

  9. aaaah….i know i know!! itu pasti key!!cyp lgi cb yg gya nya cuex en cool gt,,lgsg kebayang key yg dlu nya demen brantem ama ara!.q senenk couple ini wlopun g banyax crita ttg mrka.en rada g rela jg jinki g inget apa”.tapi justru itu yg makin bikin menarik ending ff ni,,bwt aq. pengen tau kronologis nya??blog author nya apa??btw q ska gya bhasa author!kya author lgi crita lgsg d hadapan qt.hha

    1. Ano… (tuh kan jadinya ku panggil Ano! Makanya, cantumin nama dong #sok galak)
      Wow! Cuma dari cuex en cool-nya langsung tau? Ano keren deh!
      Kronologis? Eh, tapi blum selesai sih, maklum penulis amatiran, masih nunggu inspirasi jatuh dari langit.
      Blog-ku? Hehehe… malu deh rasanya, blog aneh bin kacau begitu. Klik aja di nama aku, ada link-nya kok.
      Makasih Ano…!!

  10. kyaaaa!
    onnie tau bnget apa yg ak mau!
    author~mang apa mau lo? “o”
    hehe
    akhrnya ara sma key!!
    ah msih penasaran!!! knpa crta ara sma key~ny dkit bnget!
    trus tiba2 dah nikah~ nah lho?
    really really love ur ff!
    😀
    Keep writing!
    and always looking forward for ur next ff

  11. aku suka kok epilog nya
    plg gak jd jelas ttg akhir nasib jinki.
    dan gk nyangka bkl ama key.
    mlh kupikir jinki atw g taem.
    good job author.

  12. sukaaaaaaaaaaaaaaa banget XD
    udah ketebak kok kalo ara bakal jadian sama key. ternyata bukan jadian aja tapi langsung nikah, wkwkwkwk
    ditunggu ff lainnya chingu 😉

  13. ajiiiiibbbb …
    kirain ara jadian ma jinki, ternyata ma key to …
    ff nya keren bgt, two tumbs deh…
    good job, i like it ^ ^

  14. barusan baca ff ini hari ini. iseng enggak ada kerjaan bongkar library cari sekuel completed dimulai dari huruf T (karnanamasayadepannyaT,okegapentingya). dan baca ff ini karna judulnya unik. dan……. jatuh cinta banget sama ff ini(♥θ♥)
    asli keren banget! deskripsi kata-katanya, kalimatnya itu enak banget dibaca. apalagi settingnya di Indonesia lagi. bukan di pulau jawa (karnasayatinggaldijawa), jadinya bisa tau kehidupan di luar jawa. bahasanya juga ringan, lucu, bikin ketawa sambil mesem-mesem sendiri(≧▽≦)
    dari awal udah ngira kalo bakalan sama key. cuma sedihnya aja kalo ternyata onyu ngelupain kenangannya pas jadi ‘hantu’ ㅠㅅㅠ
    okeh, goodjob author! sukses bikin mata ga bisa lepas dari layar hape selama berpuluh-puluh menit, hehehe( ° -`ω´-) #cerewet

  15. Taemin sama aku aja X33 #PLAK!

    Aku suka epilognya! keren! untung aja Onew gak sadar apa aja memorinya saat dia menjadi ‘Hantu’ haha, kalo inget bisa-bisa jadi cinta segitiga antara Key, Onew, Ara^^

    Daebak

  16. Mwaahaaahaaa saia bad reader yang cuma ngomen pas di epilog setelah baca dari awal sampai akhir..
    Suka ama FF ini, temanya unik, menceritakan ttg kesenagan masa muda, ttg alam di Kalimantan Tengah, pokoknya unik dan menarik.
    Dan endingnya? Keren, emang kadang tidak perlu semuanya diceritakan, dan Congrats buat Key dan Ara ^^

    2 kata buat FF ini… nomu johaeyo^^

  17. aigoo~ mianheyo, baru komen pas di akhir ceritaaa.
    suka bangeet. gak tau melukiskannya gimna, entah napa tiba2 pengen baca genre supernatural, eh nyasar ke ff ini.

    ff yang daebaaak!!
    #thumbs up

  18. Waaa!! Unpredict couple!!#apadah yu?
    Kyaa, romantisnyaa. Ara ama Key.. Haseek..

    FFny daebak thor. Udah bca dri awal ampe epilog. Gak ada yg mengecewakan,, dibumbui nuansa Indonesia yg kental pula. Jarang bget dapet(bca) Ff kayak gini.. PERFECT dah kataku..!!

  19. Halo Yen eonni!

    INI SERURURURURURU BANGET! Kocaknya ada, romance juga ada.

    SUKA BANGET JALAN CERITANYAAAAAAA!!! ALURNYA ENAK DIIKUTIN. Aku kebayang banget karakter Ara. Malah sempet ikut larut dalam cerita dan ngebayangin Ara itu aku #timpuk

    Aduh Yen eonni aku mau minta maaf ga komen dari awal sampe akhir :c
    Aku ngebut baca sampe akhir soalnya penasaran bangeeeeeeeeet.

    Sedih banget telat baca :c
    Aku tau FF ini aja setelah baca FFnya storm eonni yang secret of dawn itu. Storm eonni kan sebut2 nama Yenni eon sama tenggaring.

    Awalnya aku tertarik banget sama judulnya. Tengaring apaan ya? o_O Kukira itu nama ikan #itu mah tenggiri ya? #jauh jauh jauh

    Aku pengen komen panjang di setiap part padahal TuT.
    Aku gabungin gapapa ya eon?

    Eonni aku ngejerit pas ngebayangin Jjong yang main basket sambil gigit bibir bawah sambil wink itu. Ganjeeeeeeeeeeen tapi aku suka banget. AH TAPI KENAPA JJONG STATUSNYA UDAH TAKEN? WAAAAAAAAK GATERIMA GATERIMA!!! PAKE MESRA2AN SUAP2AN PULA AAAAAAAAAA!!! #bekep

    Minhonya ganteng pasti 🙂

    Tapi eon jujur aku sebenernya ngarep banget Ara-Onew. Onewnya abisnya sesuatu banget :3. Kenapa Onew ga sama ara? :c

    AAAAAAAAAAH KENAPA JINKI MESTI GA INGET APA2 PAS DIA JADI HANTU MENARA AIR??? #frustasi

    iya bgt eon aku udah bayangin scene drakor. Jinki tiba-tiba dateng buat Ara dan nikah :3. Tapi ujungnya malah ama Key. Tapi gapapa deh. Biar Jinkinya buat aku aja 😉 dia masih single kan?

    maaf ya komennya panjang. Btw salam kenal ya eon 🙂

  20. Aku sukaa endingnyaa.. apalagi pas bilang bahwa cerita itu hanya milik mereka bertiga…
    Tuh kan bener.. jinkinya sadar trs lupa sama ara… dan bener jga bahwakey bakalan jadian ma ara *reader sok tau* key… kamu g ush sok keren bgtu.. kamu mau aku timpuk?? kekekekee… keren thorr..

  21. Uuuhh..keyeeennnnyaaa :O
    d^^b
    authoor kamu hebat sekali..*cubit.pipi.author
    walaupun gak sama jinki sama key juga oke lah.. (y)

  22. Hmm, pokokx ini ff prtama yg memperkenalkan budaya indonesian. Ah Daebak buat author!!!, aplgi aq sndiri dr klimantan. . .seluruh jempol aq plus tmen sklasan pnggemar ff gw ksih buat author.

  23. Tu kan key ma ara ada apa2.. 🙂
    saya jadi senyum2 geje gini 😀
    gak ketebak, tapi suka eding yang ini ^^
    walaupn ara gak sama jinki tp mreka tetep bhagia 🙂
    jinki sama aku aja ^_^

Give Me Oxygen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s