Stealing? What a Shame!

Oke, first sorry for spamming. And second, sorry for late response. Kemarin sore, saya tiba-tiba dapet sms dari salah satu reader. Makasih banget atas informasinya, tapi maaf karena saya tidak langsung bertindak atas kasus ini. Masalah yang akan saya bahas kali ini adalah mengenai plagiarisme. Kalau sebelumnya FF dari blog ini yang dicuri, tapi ternyata sekarang blog ini justru menerima FF hasil curian. 

Tapi di sini saya mau meminta maaf saja kepada rekan FFn seklian, terima kasih karena sudah memberi artikel asli juga karena telah mematin fakta bahwa FF yang kami publish siang kemarin tepat pada pukul 12.00 adalah FF hasil curian. Tapi kalian, para SSF yang selama ini saya banggakan dan saya percaya. Bukannya sudah ribuan kali saya bilang, NO BASH? You can talk politely or just don’t say anything at all. Karena percuma, sekeras apapun komen kalian, ngomelin sang author, atau minta author untuk minta maaf. Tidak akan ada pencuri yang akan langsung maju dan menyatakan rasa bersalahnya. Saya itu sangat berharap kalian bisa menahan diri, walaupun saya tahu kalian tidak suka dengan sikap pencurian FF tersebut.

Saya bilang kalian harusnya diam, bukan tanpa alasan. Saya sendiri tahu rasanya di plagiat itu sangat sangat tidak enak dan menyebalkan, waktu itu… 3 kali ff saya diplagiat. Tapi toh marah pun tidak akan ada hasilnya kan? Lebih baik menarik diri, menenangkan diri, dan mencoba cari jalan keluar. Saya juga sudah memeriksa kapan kami terima FF dari MoonSmile ini, dan ternyata email dari Tsuki Blacksmile kami terima pada tanggal 21 September. Sementara itu FF berjudul L’s House di FFn, dipublish tepat pada tanggal 10 September. Dan itu cukup membuktikan fakta bahwa FF berjudul Onew’s House adalah hasil copy-paste dengan teknik find-replace cast name dari FF L’s House.

Saya pasti akan bertindak sebagai pemilik blog ini, pasti akan saya tindak lanjuti. Jadi kalian hanya perlu lapor ke saya mengenai kasus ini, atau membantu mencari fakta atau kebenaran yang sebenarnya, bukannya malah menambahkan kobaran api yang ada. Walaupun begitu, saya berterima kasih kepada SSF sekalian yang sudah menekan author untuk mengakui kesalahannya, TERIMA KASIH BANYAK ^O^b

Mungkin ada yang tidak membaca FF berjudul Onew’s House,  dan malah tidak mau komen karena tidak mau ikut campur dalam masalahnya. Tapi sekedar memberitahukan, kalau saya sangat amat malu dengan kasus ini. Saya merasa bersalah, jujur sangat amat merasa bersalah. Karena saya dengan senang hati menerima FF karya MoonSmile yang entah bernama asli siapa. Kalau kita lihat kebelakang dan membaca FF-FF karyanya, jujur saya sendiri terpukau dan suka sama karyanya.

So, untuk MoonSmile sendiri. Saya harap kesadarannya untuk mengklarifikasi masalah ini, dan silahkan menghubungi saya. Kalau kamu tidak mau memperpanjang masalah, akan saya dukung. Dengan catatan, tinggalkan permohonan maaf di komen FF kamu yang Onew’s House, dan setelah itu silahkan tinggalkan keluarga SSF ini untuk selamanya. Tolong jangan pergi tanpa menyelesaikan masalah ini, karena saya tidak mau nama blog ini tercemar. Saya harap kamu bisa menunjukkan rasa bersalah atau tanggung jawab kamu sebagai author. Saya tidak akan marah, atau melakukan hal-hal buruk, saya cuma butuh pengakuan. terima kasih ^^

Dan untuk rekan-rekan di FFn, saya mohon untuk tidak memperpanjang masalah ini atau menganggap SF3SI sebagai blog plagiator. Karena kasus ini bukan terjadi secara sengaja, kami sendiri tidak tahu bahwa satu dari sekian FF yang masuk ke email kami adalah FF hasil curian. Jadi, saya sangat berharap kalian bisa menganggap masalah ini selesai sampai di sini. Karena memperpanjang masalah juga tidak akan ada gunanya, saya tidak bisa berbuat apa-apa jika MoonSmile itu tidak balas menghubungi saya.

Kepada Claire Barbossa, apa kamu mau menganggap masalah ini selesai? Saya berharap demikian. Dan jika iya saya akan sangat berterima kasih. Kalau kamu mau FF Onew’s House itu di delete, kami akan dengan senang hati menghapusnya dari arsip kami *bow*. So, let’s make it clear 🙂 . Saya sendiri sangat suka sama Death Note, dan yang membuat saya sendiri makin malu juga kecewa karena dalam FF asli tokohnya adalah L, dan dalam FF hasil plagiat tokohnya adalah Onew. Yang mana dua-duanya adalah tokoh fav saya ._.v , jadi jangan merasa saya menanggapi masalah ini dengan sekali jentikan jari.

Intinya, saya marah karena FF Onew’s House yang memukau dan menggunakan Onew sebagai main cast itu adalah hasil plagiat. tapi saya menjadi lebih marah karena dia mencuri dari FF berjudul L’s House yang juga sangat memukau dengan L sebagai tokoh utamanya. Dan jujur, it sucks =,= .. kenapa harus Onew dan L.. Kenapa?? *Lan.. please, ini out of topic =,=* *Oke, sorry ._.v*

Saya mohon kerja sama dari kalian semua. Jika terjadi kasus pencurian FF (lagi), mohon segera hubungi saya atau author bersangkutan, atau admin yang kalian kenal lainnya. Jangan langsung menjudge jika tidak ada bukti yang benar-benar sejelas bukti FF dari Claire. Juga kalau kalian menemukan salah satu FF di blog ini menjadi korban pencurian, silahkan bantu kami menyelidiki ^^. Terima kasih banyak atas perhatiannya ^^. Mohon maaf kalau postingan ini terkesan amat sangat labil, but it’s all i can do.

Regrads,

Founder

36 thoughts on “Stealing? What a Shame!”

  1. smpt kget jg pas mau komen d ff itu. pas bc komen yg lain ngomongin mslh yg sm jd bikin sy g jd komen coz bingung mau muji ato ap. jd lbh milih diem aj. jujur smpt mengakui ff itu bgus aplg main castnya biasku. onew.
    rsnya ff qt dicuri emng nyakitin *pernh ngalamin*
    mudah2an authornya scptnya mnta mf n bkin klarifikasi

  2. Ahh..lupa bilang I love this blog ^_^ nemenin hari2 ku dengan story2 nya…bisa ketawa n senyam senyum (nga prnh absen baca nya)…n I like u too, MoonSmile…SSF Fighting 

  3. Aku baru tau kalo ff onew’s house itu plagiat gtgtlah(?) Abisnya ceritanya bagus bgt apalagi onew yg main. Aku……..kaget-_____-
    Ya intinya………………… Jgn sampai terulang lagi. Dan smg author itu ada kbr dan mau menjelaskan ttg itu ya.

  4. Hapus aja itu ff-nya , aku sebel banget (>.<) bacanya #tapi ceritanya keren salam kenal , aku dhika yang selalu menyukai Shinee dan SnSd #curhat aku memang reader yg gak suka ng.koment , paling aku koment kalau emang aku suka dan aku benci #gakadayangnanya

  5. Aku mah diam begitu baca komen di sana -,-v gamau terlibat jauh sih. Cu,a bisa kasih dukungan buat SF3SI biar masalah ini cepet beres dan buat kak MoonSmile, ayo klarifikasi… Biar ga ruwet begini masalahnya. Kita gpp kok asal kk klarifikasi *SSF lain : berisik lo! /langsung jongkok di sudut gudang* kekeke fighting SF3SI!!

  6. @mybabyLionOnew : Bukan bermaksud ikut ikut, sih.. Tapi aku juga pernah ngalamin eon! ‘ O ‘/
    @ivy : Eonni enak, bisa tiap hari.. nah, AKU?! *berlebay ria* kadang seminggu sekali aja belom tentu bisa eon.. T.T

    Aku harap author bisa menemukan inspirasi yang lebih bagus, Fighting! \^ O ^/

  7. tadinya abs baca ff Onew House mau komen DAEBAK and kata2 pujian lainnya apalagi suami saya main castnya…py pas baca omen tnyta oh tnyta…

    aku yakin ko blog SF3SI ga bakal diemin kasus kaya gni..and psti ada tindak lanjut..ya slah satunya postingan ini…foundernya lana minta maaf secara langsung and ga tinggal diam…mudah2an stlh ini masalahnya clear ya and ga keulang..

  8. saya sangat senang mengehatui bahwa Lana; founder blog ini merupakan orang yang sangat bijaksana. btw, salam kenal, Lana. saya sangat senang bila bisa berteman dengan orang seperti kamu.

    sebelumnya, saya mau minta maaf karena membuat kehebohan di blog tercinta ini. jujur, awalnya saya menerima pesan dari Yenni. sebenarnya bukan pesan, lebih tepatnya adalah sebuah review di fik saya (L’s House), dan dia bertanya apakah saya mempublish karya saya itu ke dalam SF3SI dan selanjutnya bisa ditebak.

    jujur, saya sempat marah dan juga shock. jadi, tanpa sadar saya langsung memberikan feed back di kotak review Onew’s House. saya minta maaf jika telah mengganggu kedamaian blog ini. maaf yang sebesar-besarnya.

    saya anggap masalah ini selesai sampai disini, Lana. saya tidak akan memperpanjangnya, lagipula saya tidak suka memperpanjang masalah. jika bisa diselesaikan dengan damai kenapa tidak, iya kan? 🙂

    nah, untuk masalah sang author, MoonSmile, terus terang, saya tidak mengharuskan atau mengharapkan dia untuk meminta maaf kepada saya. hanya satu pinta saya: jangan pernah berbuat hal ini lagi. hanya penulis sejati yang tahu bagaimana rasanya jika tulisannya dicuri. dan hal lainnya saya serahkan saja kepada Lana. 🙂

    akhir kata, saya mau mengucapkan terima kasih banyak buat teman-teman SF3SI dan juga teman-teman FFN. kalian semua orang-orang hebat, dan saya senang bisa berjumpa dengan kalian. saya berharap kejadian ini bisa membuka tali persahabatan kita semua. semua ada hikmahnya (seperti yang saya kutip dari Yenni).

    salam buat semua, dan terima kasih banyak buat Lana. 🙂

    Truthfully, Claire Barbossa.

    1. hi Claire^^ aku udah baca L’s House mu… dan sangat keren sekali..
      Mind if i befriend with you??
      bolehkah?? heheehee
      mungkin punya blog pribadi yang bisa dikunjungi? kalau ada minta alamatnya dong^^

      1. hei, Heartless.

        thx a bunch ya buat pujiannya.

        of course I dont mind. kita sudah bisa berteman mulai sekarang kok. 🙂

        um, saya sih hanya punya satu blog, dan itu berisi puisi original saya. jika mau berkunjung silakan ke: http://musimseribu.blogspot.com/
        di fictionpress, saya juga mempost puisi-puisi tersebut. 🙂

        saya punya akun deviantart juga. jika mau silakan dikunjungi. clairelawliet.deviantart.com

    2. Maaf karena terlambat memproses masalah ini :). Salam kenal juga Claire ^^. Saya juga senang kalau bisa berteman dengan Claire sendiri, karena well… your FF is just as awesome as an expert.

      Saya sangat maklum dengan sikap yang pasti langsung di ambil tanpa pikir panjang
      karena dulu waktu pertama kali kena kasus pencurian, saya juga langsung marah dan gembar-gembor. Jadi saya pikir itu sikap wajar, yang jadi masalah hanya reader lain yang ikut memanaskan suasana ^^

      Dan saya sendiri juga cukup kagum bagaimana kakak *well, saya yakin Claire lebih tua dari saya* nanggepin masalah ini.. Tidak semua komen kak claire berunsur emosi ^^. Mungkin kalau saya di posisi kakak, saya akan terus menulis komen penuh emosi sampai author itu sendiri muncul.

      Fiiuuhhh~ , saya senang kalau kak claire mau ini di anggap selesai ^^
      Tapi, saya pikir kata maaf itu butuh meski cuma sekedar untuk formalitas 🙂
      Saya akan sampaikan ke MoonSmile soal pesan kakak ^^

      Terima kasih banyak atas respon positif nya ^^
      Saya sendiri senang karena kak Claire bukan orang yang menuntut ini itu nya 😀
      Ne ^^, senang juga bisa tahu ada penulis dunia maya yang sehebat kak Claire

      Sama-sama, Kak Claire 😀
      Oh satu yang bener-bener harus aku sampaikan, FF L’s House itu… i swear, it’s wows me even when i read the first sentences ^^. Mengandung banyak makna dengan penyampaian yang sederhana, menginspirasi dan mature i think. Very unusual FF 😀

      Sincerely,
      Lana

      1. thx a lotz buat pujiannya. thats mean a lot for me 🙂

        panggil Claire aja gpp kok. 🙂

        ok deh Lana. thx bgt loh ya. sukses buat blognya.

        salam hangat.

        1. Sama-sama ^^

          Sip Claire

          Sukses juga buat karya Claire yang selanjutnya, semoga gak ada lagi authjor yang ngiri sama karyamu dan mencuri lagi 😀

          Salam malam sabtu(?).

  9. mianhae sebelumnya >< aku udah baca ff itu tapi karena komennya emm mian aku gak ngomen deh lana~

    i'll give you THUMB!! aku salut sama keluarga besar SF3SI gak akan ngediemin masalah ini . pasti bertindak aaaahhh iloveyouu all ^^

  10. plagiat???????
    saya tau banget rasanya cerita kita di plagiat sama orang lain, karena salah satu cerita saya ada yang di copas, jadi saya ngerti banget gimana prasaan claire
    salam kenal yah Claire,
    karya asli lebih bersinar ko daripada plagiat.
    semoga yahh jadi plajaran buat semua author yang disini, tanpa plagiat pun kita bisa berkarya ko. . ga ada desakan kalian buat berkarya,
    klo emang ga ada ide, kenapa musti kopas dari orang lain?

  11. Kok bisa ya? Kita sebagai author harus menghargai hasil orang lain jangan copas!! Bener-bener, jangan di contoh ya author. Aku sebenernya kecewa banget 😦 Padahal FF itu bagus banget. Ternyata hasil plagiat!!! ;(

  12. @nabila hijri:*garuk2 pala* koq aku yg di komenin?hehehhe..ini fokus nya ke lana ama claire,saengi.
    Maklum lah anak rantau di tmpt org..beli tv kaga mampu..bli radio kaga sanggup..hiburan nya yah ngapelin lana tiap hari *di pototin lana..masi normal oyy..bkn jeruk mkn jeruk*

    Iyee muup lana..aye jg cuman cinte onyu..sumpah terkewer kewer(kena penyakit sf3si).
    Geto cerita nya nabila:p

    Balik ke topik*plakk*
    hepi ketemu lana n claire yg adem,sangat pengertian n berkarakter baik 🙂 jd happy ending 🙂

    2 jempol buat lana n claire…di tunggu karya2 selanjut nya,mana tau L bs berkolaborasi dateng ke konser onyu karena lana n claire dah jd tetangga:p

    Salam minggu pagi..

  13. Sempat baca FF nya sih tapi belum komen #frontal

    Jadi FF itu buatan Claire Barbossa dengan nama Tokoh L bukan Onew ?
    Overall jalan ceritanya bagus banget !
    Tapi sayang ada yang memplagiat FF anda dengan perubahan nama tokoh dari si Plagiator 😦

    Berharap masalah ini segera rampung dan orang yang bernama MoonSmile segera meminta maaf ke anda Claire.

    Nyesek banget kalau FF kita di Plagiatin. Capek – capek dibuat malah ada yang nyuri hmm.

    Salam Kenal Claire 🙂
    and Lana, kau benar-benar founder yang sangat bijak dan juga tegas.

  14. Plagiat?Omomomomo~!! harus denger lagi yg kaya gini. *jadi lemes*

    Hm~
    Buat yg diplagiat SABAR ya~! Walau, aku emang belum baca FF apa yg dimaksud.. Semoga kamu bisa maafin orang itu yak. Dan masalahmu ini cepat kelar^^

    Buat yg memplagiat~! Semoga kamu sadar.. walau aku ga tahu motif kamu apa,, tapi itu karya orang yg dibuatnya pun menggunakan pikiran, konsep, pilihan diksi yang tepat dan waktu hingga menjadi sebuah tulisan. hargai itu ^_^

    Buat SF3SI terutama Lana~! Bagus di kasih kaya gini. Ga labil kok postingannya.. Ini harus dibaca semua biar ga ada kejadian yg sama lagi. *HATE PLAGIARSM*

    Buat SSF~! klo ada kasus kaya gini.. segera lapor ke Lana! biar cepet ditindak.. jangan langsung ribut2 di postingannya. Ntar malah jadi fenomenal deh postingannya byk kata yg ‘inpolite’.

    ^__^ segitu aja deh..

  15. Oemji…aku g nyangka…aku sesuju…itu ff emg memukau…sgt disayangkan itu bkn karya orisinil sang author u.u

    SF3SI HWAITING

  16. Astaga….udah berapa lama sih aku ngga mampir kesini?
    Aku telat banget sumpah ;~;
    Aku pernah denger nama authornya deh MoonSmile itu tapi aku ngga tau kalau dia yang nulis Onew’s House dan aku juga belum baca itu ff ._.v
    Lana eon, ffnya udah dihapus ya?
    Terus si MoonSmile bilang apa? D:
    Yaa Ampuuun aku penasaran Lanaaa Eonn baleeeessss T.T *dijitak Lana Eonni*
    Kejadian kayak gini nih bikin foundernya kesel sendiri huahaha sabar yahh Lana Eonn 🙂 SSF selalu ada untukmuuuuu :3

Give Me Oxygen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s