The Winner of FF KEY B’DAY PARTY

 Hai hai hai hai semua yang ada disini~~~

Aku membawa berita bagus kali ini, yaitu pengumuman pemenang FF KEY B’DAY PARTY, huuurrrrrrrrr…

Pasti pada degdeg-an khan yang ikutan lombanya. Pasti banyak yang nanya, kenapa lama banget ditentuin pemenangnya?? Siapa sih yang jadi jurinya?? Gimana sih cara penjuriannya?? Jangan khawatir di sini kita akan jelasin semuanya.

Pertama-tama terima kasih buat semua shawol dan lockets yang udah mau partisipasi dalam acara ini, kita seneng banget atas antusias partisipasi kalian, hehehe. Kita disini coba bikin event, supaya SF3SI tetap ramai, tetap seru, ga seperti sebelumnya. Makanya dengan cara apapun, kita mau menyelamatkan blog kita yang tercinta inih, *eeeaaa, cukup curhatnya.

Kenapa lama?

Karena yang ikut lumayan banyak, dan juri yang menilai lumayan banyak juga, jadinya butuh waktu buat membaca serta menilai FF Party yang udah masuk.

Jurinya siapa?

Ada Founder Lana, Admin Bibah, Main author yang sudah berpengalaman, Yuyu dan Diya, serta aku. Terima kasih buat para juri yang udah mau aku berisikin nagih nilai, minta komen panjang lebar, minta ini, minta itu. Gomawo *bow.

Cara penjuriannya?

Kalian bisa liat, FF yang di-publish, ada tanda ^^b yang artinya, juri tersebut suka dengan FF yang kalian buat, dan maju ke babak selanjutnya, yaitu babak penilaian. Intinya disinilah babak penyisihan dimulai. Terpilihlah 5 besar.

Setelah itu dari 5 besar ini kita saring lagi, untuk mendapatkan pemenang ke 1,2 dan 3. Dengan kelebihan dan kekurangan dari FF yang masuk ke dalam babak penilaian. Nah nilai disini kita ambil dari 1-10, dari masing-masing Juri. Akhirnya kita dapatkan pemenangnya.

Dan standar atau kriteria dari penilaian kita ga banyak si sebenernya.

1. Keunikan ide cerita

Semakin jarang orang yang nulis pake ide seperti itu, semakin oke. Ide ini adalah poin utama sebenernya, tapi tetep poin2 lain diperhatikan.

2. Kemampuan penulis membuat readers hanyut dalam cerita.

Mungkin aja ceritanya sederhana, tapi asalkan permainan kata dan alurnya bikin yang baca terseret dalam suasana tetep bakal oke kok tulisannya.

3. Kelogisan cerita

Oke, emang terkadang penulis luput, entah kurang riset atau memang ga kepikiran sampe situ. Atau bisa jadi persepsi penulis sama reader beda. Semakin logis semakin oke.

4. EYD

Hoho, ini penting juga nih. Kadang cerita kreatif, tapi kalo EYD berantakan kan jadi mengganggu yang baca. Lagian kan kalo rapi enak dibaca, ‘kan?

5. Diksi

Semakin banyak variasi kata, readers ga akan bosen dan akhirnya terpukau.

6. Riset

Kenapa riset penting? Biar tulisannya kerasa berbobot, ga ngasal. Yah, hal2 kecil seperti nama tempat pun bisa menambah daya tarik. Apalagi kalo di dalam tulisan itu terselip pengetahuan. Bisa nambah ilmu yang nulis plus yang baca, ‘kan?

7. Pesan moral

Nah ini. Sebuah pesan harus membawa pelajaran. Tulisan yang mengandung pesan moral akan lebih bermakna.

8. Karakter tokoh

Hmmm, kekonsensistenan karakter tokoh itu perlu. Watak deh minimal. Sikap bisa berubah, tapi watak itu bawaan lahir (inget pelajaran sosiologi SMA, ‘kan?).

Ko susah amat yahh nulis FF?? yah karena terkadang buat FF itu kayak laporan ilmiah. Misalnya mengangkat tema kedokteran, setidaknya kita mengetahui bahasa-bahasa kedokteran seperti apa. Kalau asal jadi, semuanya bisa ko bikin FF. Tapi, yang melekat di hati dan pikiran, yang membuat reader itu bertanya-tanya, bingung, penasaran, dan mengikuti alur cerita, membuat sedih, nangis, atau tertawa, itulah yang kita cari.

Dan ini dia urutan pemenangnya beserta komentar, plus dan minusnya dari para juri, huuuuurrrrrrrrrrrr

1. Mirror – Nurah Boram

+ Ide cerita menarik karena nggak banyak yang membahas tentang autism

+ Emosi di dalam cerita juga dapet banget

+ Meski cara Key mati terlalu memaksakan, tapi masih bisa diterima akal sehat dan ini menjadi salah satu fanfic yang berbicara mengenai kehidupan. Pesan moralnya ada dan itu bagus banget.

– Janggal. Sama kayak pembaca yang lain… kalau dipikir emang sih mungkin aja seorang anak autis bisa punya pikiran seperti penggambaran-nya Key. Tapi, kalau dipikir lebih dalam lagi… karena sampai saat ini aku belum nemuin anak autis yang bisa ngungkapin perasaannya kecuali mereka yang sembuh… tingkat kemungkinannya cuma sekitar 40%. Aku pernah nonton film dokumentasi, orangtua yang berusaha kasih terapi buat anaknya di rumah supaya anaknya bisa sembuh. Akhirnya berhasil, tapi ya udah, dia kayak anak bayi yang baru mengenal semua. Jadi dia lupa apa yang pernah terjadi sama dia selama autis.

– Tanda baca masih belum sempurna

2. Be Strong Kibum-ah – Zakey

+ Narasi oke punya

+ Ada pesan moralnya

+ Tanda baca perfect

– Cerita lebih fokus ke Taeyeon, sayang banget, cuma sekedar pake nama Key untuk formalitas kesannya. walaupun gak bermaksud kayak gitu sebenernya. Be Strong, Kibum-ah! ? lebih pantes judulnya di ganti Be Strong, Taeyeon-ah! :/ .. bagiku ini titik lemah paling lemah sih

– Gak tahu kenapa, aku gak bisa terima aja fakta bahwa Key si bocah 15 tahun.. saat tangannya lepas, bersikap seolah-olah tangannya ketembak. Gak tahu kenapa aku masih gak bisa ngebayangin. ‘Apa iya, tangan putus sakitnya biasa aja?’ tapi sih ini menurutku, pasti menurut yang lain bisa diterima.

3. The Eyes – Meka Aulia

+ Ide cerita, aku kasih dua jempol. Kebetulan aku suka sama film-nya Woo Bin yang The Man From Nowhere. Ini mirip kekeke

+ Fanficnya bikin penasaran. Penasaran itu point utama dalam mendapatkan readers. Kalau dari awalnya aja sudah bikin penasaran, pasti pengen baca sampai akhir dan rela nunggu part selanjutnya. Fanfic kamu menuhin syarat ini 🙂

+ Tema yang diambil cukup berani dan menarik

– Anti klimaks. Terkesan buru-buru banget, kalau aja dia buat 3 part pasti bagus. FF nya kurang control.

– Cara penulisannya yang sering tanpa subjek membuat susunan kalimat menjadi janggal

– Narasinya lumayan, cerita pastinya berbobot, risetnya masih agak kurang tepat sasaran

Dan yang masuk ke dalam 5 besar adalah

4. Clue – Nesya Juliana 

+ Cara penjabaran ceritanya ringan dan tidak membuat reader terlalu kesulitan untuk mengerti meskipun ini cerita ttg detektif

+ Endingnya cukup tidak terbayangkan

+ Ide boleh juga meski ga terlalu unik. Tapi seru, main detektifan gini

– EYD masih banyak yang salah

– Memang berdasarkan penuturan penulis, karakter key di sini sengaja dibuat plin plan, tapi keputusan key untuk maju lalu mundur dari kasus itu terjadi sekitar 4 atau 5 kali jadi sewaktu baca ada kesan “ah, pasti key begini” jadi kesan plin plannya ilang dan malah jadi monoton

5. Someone From the Past – Nandita Adelia Putri 

Risetnya oke punya

 Penulisan dan EYD oke

– Idenya gak beda, sayang jadinya. Pembawaan ceritanya masih ada yang bikin aku kadang ‘ah gak tepat nih, masa situasi kayak begini gambarannya ini’ jadi malah buyar imajinasi akunya

– Idenya termasuk cukup biasa, dan sayang banget karena enggak ditambahkan alur yang bisa memberikan efek kejutan pada pembaca

– Kesalahan narasi di part 2

***

Mau tahu gak? Sebenernya nih… Setelah mendapatkan semua nilai dari para juri yang sesuai dengan standard dan criteria penjurian. Para juri sempet debat loh. Debat apa? Itu… soal siapa yang menempati posisi pertama. Awalnya, yang menempati posisi satu itu FF nya Zakey dengan judul Be Strong Ki Bum-ah. Itu berdasarkan perolehan nilai dari juri. Karena overall ceritanya bagus, idenya oke, dan penulisan yang bagus. Tapi, dari 5 juri yang menilai, ada 3 komentar juri yang mengatakan, cerita lebih focus kepada Taeyon. Juri yang menyatakan salah satu komen negative nya ttg FF ini angkat bicara. Seperti yang dia bilang, bagi dia, FF dengan orientasi 89% kepada Taeyeon ini punya titik lemah yang lemah banget. Dia gak setuju, jadilah kami meributkan masalah itu. Kita pikir lagi “pemeran utama ga musti sering muncul” dengan teori itu kita cermati lagi, dibaca ulang lagi, tokoh serta kisahnya, tetapi lebih banyak membahas Taeyon dan jinki.

Tapi kalau ngelirik peraturannya, iya juga sih. Kalau aja tingkat sifat ketegasan SF3SI lebih besar dari sifat kekeluargaannya, FF ini mestinya didiskualifikasi. Ya kan? Istilahnya ini sanksi ringannya deh. Nah, kadang orang suka dengan ceroboh memperhatikan hal besarnya aja bukan hal kecilnya. Tapi kadang juga malah ada yang terlalu memperhatikan yang kecil dari pada yang besar. Intinya, lain kali, kalau ada acara semacam ini… ketika pemeran utamanya ditentukan. Maka, pemeran itulah yang harus jadi pengaruh terbesar di FF nya. Gak perlu sering muncul, yang penting berpengaruh paling besar terhadap cerita tersebut. Oke? Sayangkan jadinya… harusnya juara satu, eh turun peringkat cuma karena masalah pemeran utama dan pemberi pengaruh besar dalam cerita tidak sesuai permintaan. Semangat terus yaaaa ^O^

Inilah hasil dari penjurian kita, kurang lebihnya seperti ini, kalian bisa lihat di mana kelebihan dan kekurangan kalian. Semoga kalian bisa menerima pujian serta kritikan pada FF kalian ya, semoga ini semua bisa membangun kalian untuk membuat FF yang lebih bagus lagi, hehehe.

Jadi selamat buat para pemenang, tetep semangat buat menulis. Buat yang ga menang juga jangan sedih. Masih banyak ko acara-acara kita lainnya, mungkin kali ini, belum bisa menang, siapa tau besok ikutan FF party kalian bisa menang, dan keep writing. Semakin banyak kalian menulis, semakin banyak kritikan, semakin banyak masukan, kalian pasti bisa menulis dengan bagus, aku yakin semuanya, dengan pengalaman pasti bisa membuat lebih oke lagi. Hehehe,

Sekian dari aku, dan untuk pemenang, ditunggu yahhh hadiahnya, huuuurrrrrrrrr

Oiyah 1 lagi, kita akan buat E-Book untuk pemenang 5 besar, jadi buat pemenang ke 4 dan 5 ini hadiah untuk kalian, semoga senang. Dan E-book nya menyusul yah.

Sampai ketemu di FF Party berikutnya yaaaa!!!

Regards,

Hyo ^^

52 thoughts on “The Winner of FF KEY B’DAY PARTY”

    1. Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang penjual es kuter kelilin tiap malam. pendapatannya tidak seberapa dan tidak pernah cukup dalam kebutuhan keluarga saya,,suatu hari saya dapat informasi dari teman bahwa MBAH KARMOJO bisa memberikan angka tembus. akhirnya saya ikuti 4D nya yaitu (7595) dan alhamdulillah meman bener-bener terbukti tembus.saya sangat berterimakasih banyak kpd MBAH KARMOJO atas bantuan MBAH saya sekaran sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga saya bahkan saya juga sudah buka usaha matrial dan istri saya buka butik pakaian muslim.!!! Jika anda mau buktikan silahkan hubungi MBAH KARMOJO di nomor 0823 2825 4444

  1. Chukhaeyo~
    Clue & Someone from the past masuk 5 besar \(^0^)/

    kedua FF ini bener2 bikin ngerefresh pikiran banget waktu bacanya!
    seneng banget ff yg aku baca, dua2nya bisa jadi pemenang.
    Genre yg bener-bener bertolak belakang tapi, ceritanya memang beda dari pada yang lain. ^^~ *salut
    Honestly, aku berharap banget FF Someone from the past itu bisa jadi juara 1. syg bgt. 😦
    padahal ceritanya sederhana, didlm ceritanya pun terselip fakta yang pernah di-reveal Key (secara gk langsung itu nmbh pngetahuan kta ttg dunia K-pop khususnya ttg SHINee 😉 ) hhe dan pas bgt authornya bisa mengimprovisasi plot2 dari fakta tersebut. Daebak d^^b jadi semua alur & endingnya pun gak muluk-muluk lagi. 🙂
    tapi syg ini sudah menjadi keputusan juri yg sdh tidak bisa diganggu-gugat ^^v

    sekali lagi. Congratulation for:
    – Clue – Nesya Juliana
    – Someone From the Past – Nandita Adelia Putri
    ditunggu karya-karya kalian selanjutnya ya ^^ I’ll always be waiting~

    1. Terharu banget. Makasih yaaa kamu udah mengapresiasi FFku sampe segitunya. Tapi memang aku akuin mereka itu layak jadi juara 1-3 karena ide yang oke punya. Tapi sekali lagi makasih yaa 🙂

    2. Gomawo Eun young-ah udah baca FF Clue. Senang banget kl FFnya menghibur 😀
      thanks a bunch for your support 🙂
      Selamat juga buat Kim Nara a.k.a Nandits buat Someone From The Past nya yang masuk 5 besar \(^0^)/ Terus berkarya~

        1. Hai, salam kenal Nara. Aku Eun cha 🙂
          ne, gomawo udh baca. Ak mlh blm smpt baca FFmu, tapi bru dgr dri tmn soal kmu msukin fact yang di-reveal Key tentang masa lalunya & kmu tmbhin dgn plot yg bgus.
          Ak ngutang yh bacanya, lgi sdikit hectic jg sma kgiatan. Ini ajh bru main ksini lgi .keke. *curcol*

  2. …………….. Dan shock!

    Gak pernah terpikir sekalipun FFku bisa masuk 5 besar. Apalagi melihat kesalahan fatal di Someone From The Past part 2, waktu itu udah langsung mikir ini mah gak akan dilirik sama sekali pasti. Tapi tapi ternyata… alhamdulillah :’D

    Semua masukan dari reader dan juga dari para juri jadi pembelajaran banget buat aku. Malah FFnya sudah aku revisi di blog beberapa minggu yang lalu hehe ^^V Makasih banget buat jurinya, makasih banget buat yang udah baca, makasih banget juga masukan dan apresiasinya. Sungguh jadi pengen ikut event lagi kalau nanti ada lagi.

    Btw, admin Hyooo~~~ penasaran sekali dengan dua kekurangan pertama. Boleh gak aku minta dijelasin contohnya kaya gimana di FFku itu? Biar gak ngulang kesalahan untuk ke depannya hehe. Bisa kirim ke email akusukatujuh@hotmail.co.uk Tapi itu kalau memungkinkan dan gak merepotkan sih. Makasiiiiih 😀

    1. iyaahhh, ,manggil aku yah, hahahaha
      hmmm, klo katanya juri si, udah ditumpahin semuanya di komentar mereka di FF kamu yang di publish, dan sudah cukup jelas semuanya, dari Yuyu dan Bibib, hehehehe, coba deh dibuka lagi ^^

      soalnya komentar dari para juri ke aku cuma kayak bgitu, ga dijelaskan detailnya, dia bilang sudah pas di FF, semoga bisa membantu yahh ^^

      tapi aku acungin jempol buat riset kamu,
      ayo ikutan lagi yahhh ff party berikutnya

      1. Aku udah buka lagi komen para juri di FFku tapi rata2 permasalahin di efektivitas kalimat dan narasi, kejanggalan di part 2, dan masukan mengenai EYD. Gak ada yang bahas tentang “kenapa sih ini suasananya begini tapi penjabarannya begini?” atau “kenapa gak dibikin alur mengejutkan biar lebih seru?” gitu, makanya aku penasaran hehehe. Tapi gak apa-apalah, gak mau ngerepotin juga kok. Mudah-mudahan di tulisanku yang lain gak terulang kaya gitu lagi. Makasih yaa~

        1. Congrats ndits 😀

          Btw untuk pertanyaan kamu mengenai dua poin minus dari cerita kamu, aku bantu jawabin yang satunya yah..
          Besok deh kukirim lewat email, lagi gak on pc sekarang..
          Pc rumah lagi rusak —

  3. CHUKKAE BUAT YANG MASUK 5 BESAR~!!

    Terutama buat Author Nurah Boram & Zakey =)

    Jujur, aku juga kalau jadi Juri pasti bingung nentuin mana yang menang di antara 2 FF itu. Iya juga sih, kalau dipikir-pikir lagi emang FFnya Author Zakey itu memang lebih menjurus ke Taeyeon sama Jinki, dan pas adegan Key-nya mati di FFnya Author Nurah Boram itu agak maksa. Yahh, nobody’s perfect, ‘kan? =D

    DAN DITUNGGU YAH FF-FF KALIAN BERIKUTNYA, SEMOGA MAKIN ++ DEH XDD

  4. Wah, lama ga main sini. Ternyata udah ada pengumumannya.
    Chukhae buat para pemenang \(^0^)/ Terus berkarya dan jangan puas sampai di sini~

    .kekekek. Gomawo jg buat para Juri, FFku yang EYDnya banyak yang salah bisa masuk 5 besar. 😛 Segala masukan dan kritik *jg dri readers* akan dijadikan pembelajaran buat lbih baik lgi ke depannya 🙂

  5. woaaaaahh… chukaeeeeee…. belom baca2 lagi ff yang menang.. hiks hiks.. nanti deh weekend semoga ada waktu buad baca ff.. mwahahaha… sekali lagi chukae buad yang menang.. u are DAEBAK!!! hwaiting buad ff party berikutnya!! 😉

  6. Lama banget gak sempat buka blog ini, huhu. banyak yang berubah, tampilannya makin keren dan… ini post yg bikin aku deg-degan sekaligus kaget banget.
    gak nyangka The Eyes bisa masuk 5 besar, apalagi 3 besar :”)

    Makasih banget buat para juri :*
    Makasih terutama buat admin Hyo, kak bibib, kak yuyu, dhila dan kak ami yang udah kasih masukan banyak banget. ngebantu aku banget-banget… hehe

    Makasih buat readers yang juga udah kasih banyak masukan :*

    dan… Selamat buat kak Boram (kakak cantik chukkae, ffnya T.O.P!!). Selamat juga buat Zakey, ff kamu keren 😀
    selamat juga buat kak Nandits dan eun-cha /(^o^)/

      1. hai hai kak ^^
        kebetulan banget kalo ternyata abang TOP biasnya kakak, hehe
        yup, makasih kak dan sekali lagi selamat ya buat kakak 🙂

  7. Boram eon,CHUKKAE!
    Aku tau eon pasti bakalan menang,iyalah ff.y keren banget!
    Yg Be Strong itu jg keren abis,sayang banget karena kslhn fatal.y bikin jd turun peringkat.
    Ya pasti bget juri.y pusing nentuin juara.y.Mirror sm Be Strong emang bagus banget dr segi ide,dn semua.y deh!
    Chukkae buat ke5 yg menang,semoga ke depan.y ff kalian makin keren!

  8. Yeyy… Slamat ya buat nurah boram, aku pngen loncat pas bca bhwa pmenangnya adalah fanfic mirror snengnya gk ktulungan, buat nurah boram skali lg slmat dan aku mnyatakan bhwa aku adalh fans bratnya fanfic mirror! XD

  9. Telat telaaaat baca. Baru tau abis admin Risma sms. Waaaaaa ya ampuun, omaigod, speechless saya. Gimana gak, bisa jugaaa Mirror sampe juara satu kek gini. Perasaan, janggalnya nih ff kebanyakan loh, banyak adegan yang gak berkesinambungan (?). Gak masuk akal, alur gaje, ah pokokny banyak deh kekurgn fatalny. Makasih loh Anggi, atas masukanny. *langsung manggil nama aja ya, ak gak begitu suka pake embel” eonni soalny hehe*

    Awalny kupikir ff Zakey yg bakalan menang. Cerita narasi deskripsi, semuany kebagusan luar biasa banget sih. Sayang banget gak juara satu -,-

    Ayaaaaa~ Masih ingat aja sm kakak bawel satu ini ^ ^. Tuh kan, kubilang jg apa. Kemampuan nulismu makin bagus kan yah. :*

    Itu ff Clue ajib maaaah, asem banget permainan tebakanny. Endingny jg asli woy, gak trbayang banget. Serasa baca novel detektif gituu. Eun Cha keren banget loh itu ff ny 

    Someone from the past, ak baru baca sih ^ ^ v
    Dan ya ampun gilaaaa! Ak jd nambah pengetahuan soal abang Kunci! Dan narasiny, yaaah, enak banget loh dibacany.

    Ah ya, ak puny satu favrt yg sayangny gak masuk. Itu tuh yg Leaving Ur Rottennes, asli yah, it ff keren bangeeeet loh!

    Yey, komenku kepanjangan kekny. Pokokny, pokokny makasih makasiiiih banyak untuk Bibib yg udah ngasih kritik saran sepanjang itu, masukan dr Diya yg membantu bgt, untuk semua readers yg sudah meluangkan waktuny memberi komentar kritik saran, omaigat, kupeluk satu” deh ya :*

    1. Haloooooooo Boram selamat ya kamu menaaang. Aku udah baca juga Mirrornya itu, mau comment tapi bingung comment apa soalnya udah ke-cover sama yang lain. Yang jelas, dibalik lecet-lecetnya itu, secara keseluruhan emang beda dan unik bangetlah ide ceritanya. Makasih kamu udah bersedia mampir ke SFTP, duh jadi malu dibaca sama kamu, masih cetek banget soalnya >,< Semangat terus! 🙂

  10. Prediksiku yang menang pertama Mirror dan kedua Someone from the Past. Ih, beneran deh dua FF itu kereeeen XD Selain itu The Eyes sama Clue juga oke punya, cerdas banget yang bikin. Haha

    Dan sejak awal aku juga udah mikir something like this would happen. Bahkan waktu Be Strong, Kibum-ah ada di list FF yang masuk, aku sedikit kaget karena nggak didiskualifikasi. Sebenernya nggak berharap apa-apa –jadi juara dua malahan– soalnya aku tau FF-ku ini melenceng jauh dari kriteria. Bisa tembus dan dibaca sama reader aja aku udah bersyukur buanget loh ^^

    Nggak lupa ucapan selamat buat Kak Boram, Meka, Nesya, dan Nandita. Buat author FF kece lainnya yang nggak bisa aku sebutin namanya satu per satu, jangan berkecil hati. Aww~~ ^w^

        1. astagfirullah, aya salah! Itu kan aku komen sambil baca ulang ffnya kakak sm punyanya ka boram ya. Jadi ketuker, perasaan yg ada thalidome itu ffnya ka zaky. Aduh ini otak emang suka ngawur deh. Maaf bgt kak yaa.. Astaga, jadi ga enak hati. Sekali lagi kak zaky aya minta maaf bgt ya, sampe ketuker gitu.
          Buat ka boram jg minta maaf ne~
          *deepbow*

    1. Aaaaa baru baca ini, udah lama gak main ke sini soalnya. Ih makasih lho prediksinya bikin terharu. Tapi FF kamu keren banget! Aku udah baca waktu itu tapi aku lupa udah comment apa belum, karena baca dari HP suka susah gitu.

  11. D ff mu emang ad senyawa ya Za? Hmm
    *garuk pala*

    Padahal coba peran Taeyon ganti ma Kibum.Pasti juara satu loh! *khayalan gaje*

    Eh ya,SFTP it keren amat loh!Temany mgkin biasa aj,tp krna yg nulis kece,yah gimana gituuh!Carany ngaitin fakta sm alurny it looh.
    Ak sampe byangin ff it benar” nyata.

    Ah ya,ak blum ngucapin slamat yah ternyata.
    Congrats untkmu,Aya,Euncha,sm Nara n untk semua author” lainny yukmari qta partisipasi lg d even” brikutny!
    Qta smua sama” belajar yah bikin ff yg bgus!
    Jjang!

  12. AAAAAAAHHH AKU BELOM UCAPIN SELAMEEET~~~ ternyata udah keluar O.O (LO KEMANE AJE REEEEEEN??) *caps jebol*

    Wuahh… itu FFnya yang menang laku semua tuh #jeduuughhhh komennya banyak… tapi yang baru kubaca yang Clue doang *AMPUUUN MBAK!!* Tapi pasti yang menang itu super kece huekekekeke #plakk
    Mirror.. jadi pengen baca #jedukh XDD

    Salam super buat para pemenang yah!! XD *kirim kecupan basah ke lima-limanya XD*

  13. komenku gak masuk ._.

    aaa..chukkhaee~~!!! aku udah liat e booknya, kereen!!!
    pokoknya yang fav aku masuk deh..sukaa. chukkhae~~
    kak boram, zaky, aya, kak nandits, kak euncha. chukkhae!!! T.O.P laah. smoga kekurangan2 itu bisa dikikis di ff slanjutnya! aamiin 😀

    ayo! ayo! ga sabaran buat ff party berikutnya niih..wkwkwkk… 😀

  14. WOAAAAAAAAAAA CHUKKAAAAEEEE BUAT YANG MENANGGG…
    Aku belum sempet baca sih FF party tapi tetep kereeeennnn buat yang udah menang, siap-siap buat keliling nih baca semuanya kkkk

Give Me Oxygen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s